Indocharity
ISCHO

ISCHO

Indocharity Scholarship (ISCHO) dimulai tahun 2014 ketika beberapa pengurus merasa kalau bantuan tenaga saja tidak cukup untuk membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu. Banyak sekali yang putus sekolah karena tidak sanggup membayar uang sekolah swasta (sekolah negeri tentu sudah dicoba tapi terbatas penerimaannya). Sehingga beberapa diantara pengurus berinisiatif membentuk program ini.

ISCHO bekerja seperti pihak tengah. Mencari donatur dan menyalurkan donasi ke adik-adik sesuai kriteria sasaran yang kami punya.

Kriteria adik-adik sasaran ISCHO adalah:

  1. Berasal dari keluarga kurang mampu
  2. Belajar dan dibina oleh yayasan atau komunitas belajar (sehingga ada penanggung jawab independen yang dekat dengan adik tersebut)
  3. Memiliki keinginan untuk sekolah yang kuat

Kriteria seperti “harus pandai atau harus dapat juara kelas” bukan menjadi syarat atau hasil yang kami kejar. Bagi kami, lebih penting untuk selalu menjalin silaturahmi dan memastikan kalau adik sasaran kami bahagia dan semangat bersekolah dan belajar.

Untuk donatur, kami tidak mempunyai syarat kecuali bantuan yang diberikannya murni untuk membantu adik yang kami sasar. Besaran donasinya kami hanya tentukan minimal 10,000 untuk sekali donasi. Berulang setiap bulan atau tidak, kami memberikan kebebasan bagi para donatur.

Kami punya mekanisme laporan yang akan dikirimkan ke email donatur setiap tiga bulannya. Laporan tersebut merangkumi penggunaan uang donasi, laporan kas dan kebutuhan, dan kabar-kabar dari adik sasaran kami.

Kami juga sedang membuat rencana program pertemuan silaturahmi antara semua (atau sebagian) donatur bersama adik-adik sasaran kami.